Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Widgets

Memilih Hotel Operator ( Panduan Untuk Owner )


Beberapa hal penting yang akan menjadi panduan owner dalam menentukan Operating Management Hotelnya yaitu :
  1. Group Management yang terpercaya dan dikenal akan lebih baik serta nilai jualnya lebih cepat.
  2. Tekhnik Marketing Group tersebut sudah diakui secara umum.
  3. Batasan Tanggung Jawab Management bisa anda tuangkan dalam perjanjian kerja sama..
  4. Prosentase fee  biasanya meliputi base fee, management fee, marketing fee, jika anda dari awal pembangunan, ada biaya yang mungkin dapat anda pertimbangkan karena pentingnya hal ini mengingat nantinya management tersebut yang akan mengoperasionalkan Hotel anda yaitu assistensi atau pendampingan dalam hal pembangunan building agar tidak ada kesalahan desain atau kekurangan ruang ketika beroperasi nanti dengan nilai yang beragam.
  5. anda sebaiknya mengerti dan memahami jenis laporan keuangan yang akan dilaporkan setiap bulannya agar tidak ada kesalah pahaman dalam pertemuan mengenai laporan keuangan ini nantinya.
Untuk Point Pertama, sebuah brand atau merk management juga dapat mempengaruhi occupancy dimana didalamnya terkandung kepercayaan atas kualitas pelayanan dari management tersebut.

Untuk Point kedua, dalam memasarkan hotel anda, biasanya pada management chain sudah memiliki kerja sama dengan berbagai media, perusahaan perjalanan, airlane, surat kabar, sehingga mereka akan memasukan Hotel anda dalam jaringan pemasaran mereka dan tentu saja hal ini akan berdampak pada penuhnya occupancy hotel anda.

Untuk Point ketiga, untuk batasan ini lebih kepada personal anda dimana ada beberapa hal anda harus turun tangan menanganinya sebagai contoh dalam menandatangi cek pengeluaran perusahaan hotel anda, misal sampai dengan batas berapa rupiah boleh ditanda tangani oleh manager hotel, atau sampai dengan angka tertentu anda berdua yang bertanda tangan. dan hal hal lain yang mungkin ingin anda pertimbangkan.

Point Keempat fee kepada management adalah bagian dari perjanjian ketika akan menggunakan jasa chain management ini untuk mengelola hotel kita, besar prosentase juga berbeda diantara beberapa hotel chain management dan hal ini merupakan syarat bagi kerja sama itu agar tetap berjalan dengan baik. sebagai contoh base fee 2 % dari GOP, management fee 3% dari GOP , Marketing fee 6 % dari GOP, dan lain-lain.

Point ke lima laporan keuangan hotel biasanya akan selesai pada tanggal 10 setiap bulannya tergantung pada kebijakan management itu sendiri, walaupun setiap laporan keuangan adalah sama yaitu laporan Neraca dan Rugi Laba, namun tidak ada salahnya anda mempelajari bagaimana laporan tersebut bisa terjadi. hal ini agar meningkatkan pemahaman anda mengenai laporan tersebut juga istilah-istilah hotel pada laporan keuangan hotel umumnya. kurangnya pemahaman mengenai cara membaca laporan kadakala membuat kita menjadi kurang kepercayaan kepada management, hal itulah yang perlu anda hindari karena kepercayaan adalah faktor dasar dimana sebuah operasionala akan berjalan dengan baik dan benar. 

jadi operator mana yang akan anda pilih?? beberapa operator yang bisa anda pilih seperti Aston Management , accor management , MGM Hotel Management , Tauzia management , atau anda bisa menghubungi kami untuk melakukan setup management sendiri dengan nama yang anda tentukan sendiri dengan management profesional  dan berpengalaman untuk menjalankan property anda tersebut. hotelkonsultan@gmail.com 

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →