Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Widgets

Guest House ; Cara sederhana investasi Hotel

Membangun Hotel tidak harus modal besar, karena bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti menggunakan kamar tersedia dirumah anda untuk kos misalnya. penentuan tarif pun bisa anda atur sesuai keinginan anda, apakah itu harian, mingguan ataupun bulanan.

Guest House adalah juga merupakan sarana akomodasi dengan menjadikan rumah anda sebagai sarana penginapan bagi yang memerlukan, tentunya dengan aturan atau ketentuan yang telah anda atur sedemikian rupa.


Apakah anda memiliki asset berupa rumah ditengah kota? Letak strategis? Tidak sedang anda gunakan?  Kenapa tidak anda komersilkan? Jadikan guest house dan manage sebagaimana Hotel, jadikan tamu yang menginap seperti menginap dirumah sendiri seperti beberapa slogan hotel berikut ;

feel like home
home away from home
home sweet home

agar lebih terlihat profesional, buatlah beberapa slogan, moto dimana hal tersebut akan memacu semangat anda khususnya ataupun orang lain yang membacanya.
rumah anda yang tadinya tidak menghasilkan, akan menjadi penghasil uang bagi anda secara maksimal.
Jika mungkin anda bisa mempekerjakan orang yang berpengalaman diHotel seperti pernah bekerja dibagian Housekeeping ataupun resepsionis  yang professional dalam menjalankan pekerjaannya di Hotel sebelumnya.
buatlah kamar guest house anda lebih cantik, dan anda bisa meniru sedikit desain kamar hotel favorit anda dan menyesuaikannya dengan pribadi anda, jadikan setiap kamar seragam, beri fasilitas dimana tamu yang menginap akan lebih betah tinggal, sebagai contoh TV, AC, guest amenities ( sabun, sikat gigi, handuk, shampoo, pasta gigi dll ) juga guest supplies seperti mineral watter, gelas, bahkan pemanas air.

buat juga gambar mengenai posisi tamu dan pentunjuk keselamatan, anda juga bisa membuat peraturan menginap yang bisa anda tempel dipintu atau bisa juga anda taruh dimeja resepsionis.
setiap tamu yang menginap wajib mengisi data-data di form reservasi, disitu anda bisa menemukan tanggal lahir, agama, dan lain-lain dimana anda bisa menambahkan fasilitas dikamar seperti jika tamu tersebut berulang tahun, kirim kekamarnya ucapan bahkan kue ulang tahun walau tamu tersebut baru kali itu menginap, namun hal ini akan menambah nilai jual guest house anda. atau misalnya tamu adalah seorang muslim, anda bisa mengirim sejadah atau menempatkan sejadah dikamar, dan jangan lupa untuk setiap kamar, anda menempel arah kiblat bisa di langit-langit kamar atau bisa juga anda menempatkan didalam laci kamar.
mungkin demikian sedikit tulisan saya, jika anda memerlukan hal-hal atau pertanyaan, bisa menghubungi saya atau ke email saya hotelkonsultan@gmail.com.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →